Rabu, 13 Maret 2013

definisi teman sebaya


 Kelompok Teman Sebaya
     Definisi Kelompok Teman Sebaya (Peer Group)
Kelompok teman sebaya merupakan sekumpulan anak-anak atau individu yang berkumpul dan memiliki tingkat usia yang hampir sama serta memiliki kesamaan tujuan.
           Menurut Santrock (2007:219) kawan-kawan sebaya (peers) adalah anak-anak atau remaja yang memiliki tingkat  usia atau tingkat kedewasaan yang sama.
           Menurut Hetherington & parke dalam desmita (2010:145) Teman sebaya (peer) sebagai sebuah kelompok sosial sering didefinisikan sebagai semua orang yang memiliki kesamaan sosial atau yang memiliki kesamaan ciri-ciri, seperti kesamaan tingkat usia (Hetherington & parke dalam desmita 2010:)
           Menurut slamet santosa (2006:79) Peer group yaitu kelompok sebaya yang sukses ketika anggotanya dapat berinteraksi. Hal-hal yang dialami anak-anak tersebut adalah hal-hal yang menyenangkan saja.
     Berdasarkan pengertian tersebut, maka penulis dapat menyimpulkan secara umum pengertian    kelompok teman sebaya yaitu suatu kelompok anak-anak yang memiliki tingkat usia dan ciri-ciri yang sama dan memiliki kesenangan yang sama pula. Dengan adanya kelompok teman sebaya,seorang individu yang sedang berkembang dari fase kanak-kanak menuju dewasa memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri mereka.

2 komentar: